RSS

Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin


Cinta tak bisa dirahasiakan. Serapat apapun cinta ditutupi, sedalam apapun cinta dipendam, secuek apapun cinta diabaikan, ia akan tetap ada, tetap tumbuh. Jika sudah begitu, mengapa tidak diungkapkan saja? Dan jika semua sudah terlambat, cinta tak harus memilki.

Ini adalah buku karangan Tere Liye kesekian yang pernah saya baca. Setelah saya jatuh cinta pada goresan penanya pada novel Hafalan Shalat Delisa (kapan-kapan akan saya review di sini juga) karena sukses membuat saya menangis tergugu. Dan selanjutnya takjub oleh The Gogons, novel populer yang sarat makna. Beberapa karangannya yang lain, lalu novel terbarunya ini, Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Yang saya khatamkan dalam waktu beberapa jam.

Novel ini mengambil sudut pandang orang pertama, di mana sosok "aku" adalah Tania, si cantik yang pintar namun nasibnya tak seindah parasnya. Ia masih berusia 11 tahun ketika harus hidup menggelandang menjadi pengamen bersama adik lelakinya, Dede. Hidup di jalanan, tinggal di rumah kardus, dipalak pengamen, naik turun angkutan umum, demi mencari uang. Lupakan tentang sekolah, lupakan tentang belajar, lupakan punya seragam dan sepatu, apalagi makan di restoran, lupakan saja. Dan takdir memang tidak bisa dielak, sosok pemuda baik hati bernama Danar memberi Tania dan keluarganya semua yang mereka butuhkan. Perlahan, kehidupan mereka membaik, mereka bahagia, sang malaikat telah menolong mereka. Namun lagi-lagi takdir tak bisa dielak, ketika Ibunya harus pergi untuk selamanya.

Kisah berlanjut seiring bertambahnya usia Tania. Ia yang harus pergi ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah, meninggalkan Dede pada Danar, dan hidup mandiri. Lalu ia mulai mengenal rasa cinta pada malaikat penolongnya, rasa cemburu, rasa tersisih, rasa kecewa, rasa kehilangan. Cintanya tak tersampaikan, Danar menikah dengan wanita lain.

Dari segi cerita, mungkin biasa saja karena banyak novel lain yang mengangkat tema sama. Namun gaya penceritaan Tere Liye tetap mengalir dan membuat betah membacanya. Meskipun menurut saya untuk novelnya kali ini tidak se-menakjubkan novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu yang mengangkat tema mirip, anak jalanan mengenal cinta. Novel ini seperti masih meninggalkan banyak puzzle yang tak terpasang. Selain itu, karakter masing-masing tokoh tidak terlalu dieksplor dengan kuat. Mungkin karena sudut pandang "aku", yang mana setahu saya novel Tere-Liye lain menggunakan sudut pandang "pencipta segala" sehingga lebih bebas mengungkapkan perasaan masing-masing tokoh.

But at least, saya tetap suka dengan makna yang diberikan cerita ini.

Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Tere-Liye

Harga       :     Rp 32.000,- *
Ukuran     :     13.5 x 20 cm
Tebal        :     264 halaman
Terbit       :     Juni 2010
ISBN13   :     9789792257809
 
"aku hanya miliki cinta, dengan cintaku, semoga kalian bahagia..." 
"Tidak pernah ada yang sia-sia dalam sebuah perjalanan..."

7 cuap:

riyan said...

novel yg bgs. Kt2 yg pas u judulny.. Bisa membuat kita u lbh mengerti dan bisa ikhlas menerima kenyataan hdup walau dgn air mata.

Hafid Junaidi said...

Wah, lama ga ke sini rhein, yah harus silaturohim nih, semangat blog walking. Ngomong-ngomong mana referensi cowok gantengnya? koq buku/ novel melulu ^_^

Anonymous said...

BERPIKIR SEMPIT JIKA HARUS MENGERTI DAN IKHLAS MENERIMA KENYATAAN HIDUP HANYA DARI NOVEL...SUNGGUH PICIK

RSI SAKINAH MOJOKERTO said...

RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

akhbar said...

cerita yang menarik

cynthia chaniago said...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
Poker Online Indonesia,poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+10%+10%+10%
referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)