RSS

IOAA (bukan AIOEO)


Wow! Udah lama banget si Rhein ga posting. Ada apakah gerangan? Jadi ceritanya, 2 minggu terakhir bulan Agustus lalu Rhein berpartisipasi dalam acara 2nd IOAA (International Olympiad Astronomy and Astrophysic). Sebuah Olimpiade mata pelajaran Astronomi dan Astrofisika bagi siswa Senior High School, tingkat Internasional loh... Berita lengkap bisa dilihat di weblog HAAJ. Jadi apa Rhein disana? Pastinya bukan jadi tukang cuci piring, tapi jadi asisten juri! Hoho...sungguh suatu kehormatan.. Peserta datang dari 23 negara, yang pastinya banyak dunk bule-bule.. Hihihi... Ada udang dibalik bakwan nie si Rhein...

Hal utama yang Rhein kerjakan di sana adalah: Makan, Tidur. Sampe eneg ngeliat makanan bertumpuk. Jadi, para asisten juri dikarantina di sebuah villa yang nun jauh terpecil. Jangankan supermarket, warung rokok aja nggak ada. Para asisten juri baru mulai kerja saat malam hari. Ya iyalah...secara astronomi kalau pengamatan liat bintang malem-malem. Makanya, kalau siang kerjanya makan dan tidur. Baru pas malem kita belajar teleskop juga, koordinasi sama panitia lain, dan pastinya menilai peserta saat ujian berlangsung.

Saat pertandingan berlangsung, Rhein mengurusi 5 siswa. 2 dari Yunani, 1 dari Kamboja, 1 dari Korea, dan 1 dari Indonesia. Mulai dari mereka datang, memeriksa kinerja mereka saat menggunakan teleskop, sampai mereka menganalisis data. Dan semua itu dikerjakan malem-malem. Yang lucu, ada satu siswa dari Yunani yang badannya tinggi, gede, gendut. (ada di foto sebelah). Dari awal Rhein udah mikir "Kalau gw kesenggol dia, pasti gw mental". Dan benar aja, pas malam kedua pertandingan, ada saat dimana suasana cukup rusuh, Rhein harus tetep mendampingi si siswa itu, hasilnya? Rhein kesenggol dia dan nyaris jatuh. Huhu... si siswa itu langsung merasa bersalah dan minta maaf berkali-kali. hihihi... Maklum lah dari Yunani, keturunan Hercules gitu, jadi badannya gede-gede. Hehehe...

Acara ini berlangsung kurang lebih 10 hari. Dan di hari terakhir ada farewell party. Pesta perpisahan dan penutupan acara. Terus Rhein ngapain? Pastinya minta foto-foto sama peserta dunk... Hehe.. Seneng banget ikut acara ini. Dapet kenalan baru, temen baru, dan sharing juga tentang budaya masing-masing negara. Pastinya, juga ada gebetan baru!! Hahaha.. Cowok Iran nan tampan, yang udah Rhein incer sejak hari pertama ketemu. Hihihi... Dan beruntung Rhein bisa foto berdua plus dapet nomor hape-nya.. Hoho... Mumpung jomblo,,,


























"aku hanya miliki cinta, dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

"Tidak pernah ada yang sia-sia dalam sebuah perjalanan..."

13 cuap:

dhie said...

Hayo... jangan hanya minta no telp nya aja. Pasti belum telp ma gebetan yang barunya yack? ;)

warungtempe said...

wuiiih, astronom nih ye

siska said...

gyahahahahahahahaha!! dasar ga mau rugi nih..sambil neripong dapet bintang, hihihi...

Mama Shasa Shahira said...

duh pantesan tantr rhein ngilang.. tapi seru juga ya tant ketemu ama bule cakep2..hehehe

Eucalyptus said...

Wah, hebat euy bisa jadi asisten juri perlombaan olimpiade kaya gitu..
he he he, foto berduanya oke juga tuh... lanjoooot...

Anang said...

wahh... gimana hilalnya kemaren.. *losfokus

rhein fathia said...

[dhie] udah miskol doang.habisnya malu... hehe
[warungtempe] astronom dadakan...
[siska] di dunia ini, sapa sih yang mau rugi, sis.. hihi..
[mama shasha] iya nie...ilang n ga sempet jalan-jalan..
[eucalyptus] hehe.. pamer tante.. :p
[anang] wah, aku ga ikutan, mas...

kita said...

waaahh..kok bisa jadi jurinya bbuuk???gimana caranya???

nambah pengalaman dunk??

busset dah tu anak yunani umurnya berapa??segede kingkong gitu..hihihi

Kristina Dian Safitry said...

tugasnya enak banget non? tapi bawa oleh2 apa buat aku nih?he..he..dibawain cowok cakep gak?ogah ah kalo keturunan hercules,hi..hi..

Puput said...

ahakakakakka
keturunan hercules...

jangan2 masih herkules aslinya rhein

rhein fathia said...

[kita] hehe...ya gedelah..emang kayak kita kecil2 kayak anak kingkong.. hihi.. :p
[kristina] kalau keturunan hercules tapi ganteng masih mau? hehe.. :D
[puput] kayaknya nggak deh... nggak ganteng soalnya... :p

Muhammad Qori said...

WAh enaknyta punya temen bole,what seep beybi...

sunarso, indrayana said...

salam kenal....