RSS

TA dan Bosscha

Mengikuti permintaan Sachroel, aku mau cerita tentang perjalanan mengejar skripsi kemaren..hehe..

Jum'at 1 Februari 2008sebelum subuh, dijemput travel dan langsung meluncur ke Bandung. Sampai kampus ITB jam setengah 8. Pak Astro belum datang. Wah, kepagian. Jadilah aku nongkrong di depan TI. Sendirian, hujan, kedinginan..bbrrrr. Kutelepon saja si Teman Astro yang kebetulan akan sidang hari itu. Plus pembimbingnya juga Pak Astro. Kami jadi adik kakak seperguruan, nih! .

Selesai melihat si Teman Astro disidang dan dibantai oleh para dosen penguji, aku masuk ke ruangan Pak Astro. Untuk disidang? Belum sodara-sodara. Hanya membicarakan tentang topik untuk TA nanti. Pak Astro memberikan 2 pilihan. Pertama, membuat kurva pertumbuhan dari sample bintang di seluruh MK class, dengan mengambil data spektrum lalu dilihat limpahan kimia dalam bintang tersebut. Kalau nggak ngerti nggak usah mencoba mengerti dan nggak usah dibayangin. Bikin pusing! Tapi tahukah kamu, kalau bintang juga mengalami pertumbuhan dan metamorfosis mulai dari lahir, anak-anak, tumbuh dewasa, dan akhirnya mati. Ternyata Tuhan menciptakan semua makhluknya itu simple, yah. Proses hidupnya sama. Nggak neko-neko. Balik lagi ke topik pilihan kedua, aku diminta membuat sistem klasifikasi spektrum dengan komputasi. Sedikit berbau pemrograman dan bikin software klasifikasi spektrum gitu, deh. Dan berhubung aku sadar diri kalau aku ini gaptek, jadilah aku memilih topik yang pertama.

Pak Astro mulai memberikan ceramah plus kuliahnya. "Nanti kamu begini, terus begitu. Pelajari ini, pelajari itu. Pake teori si ini dan si itu. Cari bintang ini, di wilayah langit itu." Aku hanya diam (sok) memperhatikan dengan seksama. Pak Astro sepertinya menyadari dan akhirnya berkata "Ya sudah, sepertinya saya kebanyakan bicara. Biasanya kalau saya kebanyakan ngomong, mahasiswa malah tambah bingung." Haha... Betul sekali, Pak! Akhirnya nyadar juga. Sembari menunggu beliau Jum'atan, aku disuruh nongkrong di perpustakaan untuk cari-cari bahan atau paper yang bisa membantu dalam pengerjaan TA. Mencari paper hingga menjelang sore.

Sedikit cerita tentang Pak Astro. Beliau itu perokok berat. Namun beliau tahu aku paling benci rokok. Makanya saat di ruangannya beliau merorok, ia bilang "Fathia, saya tau kamu nggak suka asap rokok. Tapi di ruangan ini sudah tertulis kalau diizinkan merokok, ya. Coba lihat itu." Beliau menujuk ke beberapa gambar tempel bertuliskan "Smoking Area" yang tersebar di tembok ruangannya. Aku hanya menjawab, "Nanti kalau saya ke sini lagi, saya mau bawa gambar tempel yang tulisannya 'No Smoking' ya, Pak." Pak Astro hanya tertawa. He just like my father. Meski galak, tapi care dan humoris banget.

Hari Sabtunya, aku ke Bosscha. Aaahhh...selalu ada perasaan tersendiri setiap aku datang ke sana. Sejuknya, suasananya, pemandangannya, orang-orangnya. Menyenangkan! Seperti biasa, di sana aku bertemu kucing Bosscha dan para Pak Satpam yang hobi banget ngebodor (baca:bercanda). Lalu ketemu dan ngobrol sama Pak Astro (lagih!). Disuruh nyari bintang-bintang yang dari semua MK class dari katalog bintang. Bisa dibayangkan sodara-sodara, ada berapa banyak bintang di langit? Ribuan! Dan aku harus mencari beberapa bintang saja yang sesuai kriteria penelitian dan nantinya menjadi objek "operasi bedah".
katalog bintang yang isinya data dari bintang-bintang yang ada. Jumlahnya berlembar-lembar!

Selesai dengan katalog bintang, pergi ke teleskop. Di atas itu teleskop yang insyaAllah akan aku pakai untuk pengamatan. Namanya teleskop GOTO (jadi inget Dr.Koto di Shonen Star). Gede banget, yah! Pokoknya kalau kejedug lumayanlah benjolnya. Tapi ada kemungkinan juga aku pakai Teleskop Zeiss. Itu loh, teleskop gede yang ada di film Sherina. Susah pakenya, bo!

Sorenya, balik lagi ke Dago. Nunggu dijemput sama travel balik ke Bogor. Tadinya mau nginep di Bosscha coz ada rapat panitia olimpiade astronomi. Tapi ntar dulu ah... cape euy!

Yup! Hingga kini aku masih menyeleksi katalog bintang yang jumlahnya berlembar-lembar itu. Minggu ini harus selesai proposal skrispi untuk dikirim ke Pak Astro. Mohon doanya, teman-teman...KEEP FIGHT!!

"aku hanya miliki cinta...
dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

3 cuap:

sachroel said...

wuehehe...harus seleksi bintang dulu.

bukan bintang film....tapi bintang beneran euy, wekekekek....kuerennnn.

moga lancar2 aja & sukses selalu.

trus lain kali kalo ke ruangan nya pak Astro....pake itu deng....pake masker nya tentara amerika anti teroris wekekekek.

semrawut said...

hmm.. bnr2 jd inget film petualangan sherina. critanya tante jd sherinanya nih?! trus sadamnya sapa? hehe.. :P
btw, photonya pak Astro kok ga ada? beribu kali sayang.. :D

myfirstday said...

itu tuh dr.koto yang disebut itu film dorama jepangkah?huhu..aku suka banget ama dorama itu..hehee..gak nyambung..
keren..keren..keep fighting!! :)