RSS

Skripsi (part 1)

Sebuah cerita mengejutkan datang malam tadi. Tentang skripsiku! Tapi sebelumnya aku coba jelaskan dulu tentang rencana (ingat sodara-sodara, rencanaEmo Smile) skripsi ini. Jadi, aku memang kuliah di Fisika peminatan Fisika Nuklir Partikel. Hanya saja karena sangat cinta astronomi, jadinya pengen ambil skripsi dengan topik astronomi atau astrofisika. Berhubung aku kuliah di UI sedangkan jurusan astronomi hanya ada di ITB, jadilah skripsiku ini harus lintas perguruan tinggi. Yang mengharuskan aku memiliki 2 orang pembimbing. Satu pembimbing dari Fisika UI (sebut saja Pak Fisika), yang satu lagi dari Astronomi ITB (sebut saja Pak Astro).

Nah, malam tadi salah seorang temanku yag kuliah di astro menelepon.
Si Teman: "Fath, ditanyain Pak Astro tentang suratnya."
Aku: "Hah? Surat apa?" Emo Smile

Si Teman: "Surat keterangan dari UI kalau kamu mau ngambil data di Bosscha. Pak Astro minta secepatnya."
Aku: "Oh ya, Pak Fisika juga pernah bilang katanya kalau aku butuh keterangan dari UI untuk Bosscha tinggal minta ke dia gitu."
Si Teman: "Ya udah, makanya minta secepatnya. Soalnya kalau dari univ. lain mau ngamat, prosesnya lumayan lama. Mending diproses dari sekarang."
Aku: "Oh gitu..." ==> Aku masih belum loading dan merasakan firasat nggak enak.Emo Smile
Si Teman: "Kamu mau ngambil data bulan Juni-Juli ini, kan?"
Aku: "Sebentar-sebentar... Lu bilang-bilang ke Pak Astro kalau gue punya rencana ngambil skripsi liburan ntar?" ===> (Deg-degan *mode on*)
Si Teman: "Iya, aku bilang."
Aku: "HAAAA!!!!" Emo Smile


Seperti yang pernah kuceritakan di sini, aku memang pengen ngambil skripsi secepatnya. Setidaknya, ngambil dan ngolah data dulu gitu. Tapi aku baru mendiskusikan hal ini dengan Pak Fisika. Itu pun nggak terlalu serius. Baru rencana. Masalahnya, aku belum tau banyak tentang bahan skripsi nanti. Yang kutahu cuma kalau nanti ada hal-hal tentang spektroskopi bintang, mencari komposisi, reaksi fusi/fisi di dalamnya, dll (tak perlu diceritakan detail daripada ntar botak!Emo Smile). Selain itu, semua aku belum pelajari. Tapi sekarang Pak Astro sudah beranggapan kalau aku akan mengambil skripsi liburan nanti. Ditambah bila mengingat bagaimana kredibilitas 'ke-ganas-an' Pak Astro dalam membimbing mahasiswanya, Haaaa!!! Beliau memang pernah berpesan supaya aku mempelajari buku Astrofisika-nya Pak Winardi (alm), dan belum tamat kubaca buku itu. Secara tu buku aja dapet nyolong. Tapi kalau nyolong ilmu kan nggak dosa, toh. Hihihi... Emo Smile

Huuff... Sekarang tinggal menunggu nasibku ke depan bagaimana. Emo Smile. Minggu depan janjian ketemu Pak Fisika untuk menerima 'surat sakti' itu. Setelah itu surat diserahkan ke Pak Astro. Dan nasibku kuserahkan pada Tuhan. Mohon doanya untuk kelancaran skripsi ini, teman-teman...

"aku hanya miliki cinta...
dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

4 cuap:

sachroel said...

wah...malah lebih bagus...bisa cepat lulus. semoga lancar2 aja skripsi-nya.

Rystiono said...

Hiihihihi...

Selamat skripsi deh...

Selamat berjuang ya...

Tony said...

Wah ngak pernah kuliah nih jadi ga tau deh apa itu skripsi..tapi semoga sukses ya

rhein fathia said...

[sachroel] iya rul, ganbatte ne! *o*/
[rys] iya rys.. berjuang melawan pembimbing (halah!)
[tony] skripsi itu sejenis makanan yang bikin mual dan pusing, tapi haru s tetep dimakan! nah lo!