RSS

Banyak Jalan Menuju Surga

I. Chat YM!
Pria S : Kamu mau dipoligami?
Aku : Ya enggaklah!
Pria S : Kenapa? biasanya anak tarbiyah kayak kamu mau dipoligami.
Aku : Hmm...lebih pada masalah perasaan dan ego, sih...
Pria S : Imbalannya surga, loh..
Aku : Banyak jalan menuju surga. Nggak harus dengan poligami juga bisa, kok.
Pria S : Aku juga nggak setuju sih, sama poligami. Takut nggak bisa adil.

II. Sekret Himpunan nan riuh oleh pria.
Aku : Eh, lu semua setuju nggak sama poligami?
Pria 1 : Loh, kan kita emang udah dapet jatah 4 cewek. ---> cowok -*****- (sensor)
Pria 2 : Jangankan 4, Pet. Satu cewek aja gw belum dapet. ---> cowok jomblo.
Pria 3 : Tergantung alasannya, dong. Lagipula populasi cewek kan emang lebih banyak daripada cowok. Ntar kasian dong, ada cewek yang nggak punya suami.
Aku : Siapa bilang? Itu alasan salah kaprah. Cuma berlaku di Indonesia doang. Temen gw pernah cari informasi, menurut sensus penduduk dunia, populasi cowok masih lebih banyak daripada cewek. Perbandingan cowok-cewek 101:100. So, itu bukan alasan kuat.
Pria 3 : Oh ya? Belum waktunya kiamat dong, ya? Jadi, cowok masih lebih banyak dari cewek?
Pria 2 : Wah, kalau gitu wajar dong ya, kalau gw masih jomblo?
Pria 1: Wajar juga kalau gw ngerebut cewek orang, ya?
Aku : Berarti, wajar juga dong, kalau gw selingkuh?

Aku tergelak, para pria melotot.

III. Sebuah percakapan santai.
Aku : Pokoknya, aku nggak mau dipoligami! Mendingan cerai.
Pria E : Loh, emang ada ayat Qur'an yang melarang poligami?
Aku : Nggak langsung melarang. Al-Qur'an memang memperbolehkan cowok punya 4 istri asal cowok itu adil. Tapi ada juga ayat yang bilang kalau semua pria di dunia ini nggak akan pernah bisa adil terhadap istri-istrinya. Rasulullah poligami karena perintah Allah, pun beliau nggak bisa adil dalam masalah perasaan.
Pria E : Bukan itu alasan kuat larangan poligami. Tapi cerita ketika Ali minta izin Rasulullah untuk poligami, Beliau bilang "barangsiapa menyakiti hati Fatimah, berarti menyakiti hatiku juga." Dari situ baru tegas, sebenarnya Rasulullah nggak setuju sama poligami.
Aku : Ya itu! Pokoknya nggak setuju.
Pria E : Tenang aja, aku nggak akan poligami. Kecuali kalau kamu yang nyuruh.

Sebuah benda melayang. Bletak!!

IV. Via telepon.
Aku : Emang kenapa sih, cowok itu butuh banyak cewek untuk memperhatikan dia? Egois banget. Menyia-nyiakan cinta istri pertamanya gitu.
Sepupu sayang : Masalahnya bukan gitu. Meski cowok poligami dan punya banyak istri, dia masih tetep mencintai semua istrinya. Patut diingat kalau cowok beda sama cewek dalam hal mencintai. Kalau cewek, dalam satu waktu dia bisa mencintai banget cowoknya. Dan ketika suatu hari dia ketemu cowok lain, terus jatuh cinta, dengan gampangnya cewek bisa meninggalkan si cowok lama dan jalan sama cowok baru. Tapi cowok beda, nggak gitu. Misal si cowok udah punya cewek, dan dia cinta banget sama ceweknya. Terus suatu hari dia ketemu cewek lain dan jatuh cinta, pengen 'deket' dan berbagi sama cewek baru itu. Tapi itu bukan berarti si cowok udah nggak cinta lagi sama ceweknya yang pertama. Dia masih cinta sama ceweknya yang pertama, dan tetep nggak mau ninggalin. Dia nggak mau menyakiti perasaan cewek pertamanya, makannya dia nggak akan seenaknya mutusin atau menceraikan si cewek itu. So, menurut cowok lebih baik poligami daripada mutusin cewek pertamanya. Karena dia mencintai keduanya."

Aku terdiam...


"aku hanya miliki cinta...
dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

0 cuap: