RSS

Pemimpin: Islam atau Islami?

Manusia diciptakan untuk menjadi khalifah di Bumi (ceunah saha? hilap euy, abdi).

Bicara tentang pemimpin, dalam arti pemimpin masyarakat heterogen pastinya, agamaku mensyaratkan bahwa pemimpin haruslah yang Islam. Yang masih membuatku bingung, Islam adalah universal. Islam mengurusi banyak hal, tidak hanya 'orang-orang muslim', yang pernah mengucapkan syahadat.

Dari pelajaran Agama Islam di SMA, salah satu akar kata Islam adalah 'selamat'. Menurutku, berarti aturan hidup yang membawa keselamatan adalah aturan Islam atau biasa disebut Islami. Semua orang bisa dan punya kesemapatan untuk mengikuti aturan itu. Tidak hanya yang bertitel 'orang Islam'.

Jika disuruh memilih, Pemimpin dengan 'KTP Islam' namun tidak Islami, atau Pemimpin dengan tindak-tanduk Islami namun tanpa 'KTP Islam' ? Lalu kenapa? Hanya ada 2 option itu loh... ^_^



"aku hanya miliki cinta...
dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

2 cuap:

AKUAKUI said...

manusia; sbg khalifah di muka bumi,;"DAN INGATLAH TUHANMU BERFIRMAN KEPADA PARA MALAIKAT:"SESUNGGUHNYA AKU HANDAK MENJADIKAN SEORANG KHALIFAH DI MUKA BUMI." MEREKA BERKATA: "MENGAPA ENGKAU HENDAK MENJADIKAN DI MUKA BUMI ITU ORANG YANG AKAN MEMBUAT KERUSAKAN PADANYA DAN MENUMPAHKAN DARAH, PADAHAL KAMI SELALU BERTASBIH DENGAN MEMUJI ENGKAU DAN MENSUCIKAN ENGKAU?" TUHAN BERFIRMAN: "SESUNGGUHNYA AKU MENGETAHUI APA YANG TIDAK KAMU KETAHUI." (Q.S Al-Baqarah:30)

jundi4 said...

Manusia memang di ciptakan sebagai khalifah di bumi...

Kita juga sudah di sediakan figur yang layak untuk di jadikan teladan..
Ada Rasulullah yang super leader, ada kulafaur rosyidin, ada khlaid bin walid..

Baca artikel ttengang pemimpin di www.jundi4.wordpress.com