RSS

Dakwah, Dream World, Real World

Dakwah... (tenang aja, gw ga akan ceramah di sini kok). Pertama kali denger kata itu waktu kelas 1 SMA, di DKM SMANSA. Dan aku bertanya pada seseorang (lupa siapa), dakwah itu apaan? Dan orang itu menjawab, "Dakwah itu artinya mengajak pada kebaikan". Dan aku cuma manggut-manggut saja. Setelah itu, ikutlah aku pada organisasi yang sangat mengedepankan dakwah itu,,, alias DKM. Tadinya ikut tu organisasi karena iseng aja. Karena anggotanya pada suka main tebak2an garing,, hahaha ^o^, juga ternyata gebetanku adalah pengurus DKM itu,,, hehe.. niat tak tulus rupanya :D

Semakin lama di dunia itu,,,ternyata makin hanyut, makin tersesat... Tersesat di jalan yang benar, pastinya... :p Banyak hal positif yang kudapat di sana, aku bahagia di sana. Dunia itu, aku biasa menyebutnya "Dream World"... Seperti lagu "I Have a Dream", tentunya dream kita adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk diwujudkan, namun sangat sulit dan sangat tidak mungkin semuanya bisa diwujudkan... Kenapa? Karena bagiku, "Dream World" adalah sebuah dunia yang sempurna,,, sedangkan di dunia ini tidak ada yang sempurna,,, Karena ketidaksempurnaan di dunia ini adalah bukti kesempurnaan-Nya,,, (bingung gak? coba mikir dikiiitt...)

Pada suatu waktu, aku memutuskan untuk hengkang dari dunia DKM,,, mencari dunia lain (emang horor). Dan "dunia-dunia" yang aku temui lebih bisa membuka mataku terhadap realita hidup... aku menyebutnya "Real World"... Pindah dunia, tentunya butuh perubahan, bukan? Dan berubahlah aku... menyesuaikan diri,,,tapi bukan berarti kehilangan jati diri... ^_^
Teman-temanku dari dunia "Dream World" ada yang protes dengan perubahanku. Syukurku karena ternyata mereka masih sayang aku dan sedih karena kepergianku (ge-er,,, ;p). Namun ada juga yang bersikap tak peduli dan menganggap aku bukan lagi bagian dari mereka (lah? memang iya kan?). Aku bukan lagi bagian dari dakwah,,,

Kembali pada dakwah, seorang saudara pernah bertanya, "Kamu masih konsisten di jalan dakwah, kan?". Aku tertawa mendengarnya, meski akhirnya air mata ini menitik juga. Ada rasa sedih,,,sedih karena sebenarnya berat juga meninggalkan "Dream World" (tapi ini keputusanku dan aku tidak menyesal),, sedih mengapa saudaraku itu bertanya seperti itu, kesannya kok setelah aku hengkang dari "Dream World" aku tidak lagi berdakwah.... Akhirnya aku menjawab dengan tegas dan senyum, "Jika jalan dakwah adalah dengan mengikuti sebuah organisasi tertentu dan berjuang di sana, maka sudah tidak lagi aku di sana. Sedangkan jika dakwah adalah mengajak siapapun pada jalan kebaikan, Insya Allah sampai mati pun aku ada di sana,,," ^_^

So? Kita dakwah? Yyyyyuuukkk....


"aku hanya miliki cinta...
dengan cintaku, semoga kalian bahagia..."

2 cuap:

ARISTIONO NUGROHO said...

Hidup itu diabdikan pada Allah SWT, maka kita happy. Dakwah itu diabdikan pada Allah SWT, maka kita punya jati diri, meski tanpa organisasi. Pokok'e happy, gitu lho...
Untuk sharing silahkan klik http://sosiologidakwah.blogspot.com

Azhar Kuntoaji said...

nice quotes Sis!!
minta ijin buat mengutipnya buat d blog saya
Jazakillah